PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH

ADRIYATI, Rosmaya Adriyati and INDRIANI, Farida,(30 August 2017), PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12010113120060.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam memperoleh informasi mengenai suatu produk, konsumen tidak lagi terbatas pada informasi dari produsen. Namun informasi dapat diperoleh dari konsumen lainnya secara personal yang dinamakan word of mouth. Seiring berkembangnya teknologi internet, komunikasi word of mouth tidak hanya dilakukan secara personal tetapi dapat dilakukan dengan jangkauan lebih luas yang disebut electronic word of mouth. Konsep dari electronic word of mouth berupa opini mengenai suatu produk atau perusahaan yang diutarakan secara aktual oleh konsumen melalui media sosial yang dapat berupa ulasan positif maupun negatif, sehingga dapat mempengaruhi pandangan calon konsumen terhadap citra merek dan dampaknya terhadap minat beli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap citra merek dan minat minat beli suatu produk, khususnya produk kosmetik wardah yang saat ini banyak diulas melalui sosial media. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk dalam jenis non-probability sampling, dengan mendistribusikan kuesioner kepada 100 responden wanita muda di Kota Semarang yang mengetahui tentang electronic word of mouth dengan umur 15-29 Tahun. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa pengujian yaitu validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedasiditas, uji statistik t, uji statistik f, uji koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji sobel menggunakan aplikasi perangkat lunak IBM SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan minat beli. Sementara citra merek sebagai variabel intervening memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli sebagai mediasi parsial.
Keywords : Electronic word of mouth, brand image, purchase intention, cosmetic, Electronic word of mouth, citra merek, minat beli, kosmetik
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:26
Last Modified: 25 Feb 2020 04:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item
View Item