ANALISIS PENGARUH IKLAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS UNTUK MENINGKATKAN BRAND ATTITUDE PRODUK MINUMAN ISOTONIK MEREK MIZONE (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Muria Kudus)

DWI PUTRANTO, Budiawan and SOESANTO, Harry,(27 October 2015), ANALISIS PENGARUH IKLAN DAN KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS UNTUK MENINGKATKAN BRAND ATTITUDE PRODUK MINUMAN ISOTONIK MEREK MIZONE (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Muria Kudus). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010110141057.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang dimengerti dan dipahami oleh konsumen dalam penyampaian iklan, selain itu celebrity yang digunakan dalam iklan kurang begitu terkenal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang timbul dari iklan dan kredibilitas endorser terhadap brand awareness serta dampaknya terhadap brand attitude dari produk minuman isotonik merek Mizone. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan dan kredibilitas endorser sebagai variabel independen, kemudian brand awareness sebagai variabel laten dan brand attitude sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden yaitu sebagian mahasiswa S1 Universitas Muria Kudus yang pernah mengkonsumsi minuman isotonik merek Mizone. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM), analisis tersebut meliputi : uji measurement model, uji confirmatory factor analysis, uji CFA eksogen, uji CFA endogen, uji full model SEM, uji normalitas data, uji regression weight SEM, uji reliability dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis Structural Equation Model (SEM) di atas menunjukkan bahwa iklan (X1) dan kredibilitas endorser (X2) berpengaruh signifikan terhadap brand awareness (Y1) produk minuman isotonik merek Mizone dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,555 dan 0,372. Sedangkan brand awareness (Y1) berpengaruh signifikan terhadap brand attitude (Y2) produk minuman isotonik merek Mizone dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,534.
Keywords : Advertising, Endorser Credibility, Brand Awareness, Brand Attitude, Iklan, Kredibilitas Endorser, Brand Awareness, Brand Attitude
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:40
Last Modified: 27 Feb 2020 03:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item
View Item