ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI EBERHASILAN IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA UMKM DI SEMARANG

SA’DIYAH, Melia Anisa and MUDIANTONO, Mudiantono,(2015), ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI EBERHASILAN IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA UMKM DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12010111120010.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Semarang mengalami peningkatan tiap tahunnya. Namun, peningkatan jumlah tersebut tidak mampu menunjukkan adanya peningkatan kinerja pemasaran. Padahal, teknologi terus mengalami perkembangan. Berkembangnya teknologi menjadikan masyarakat cenderung menginginkan pelayanan yang cepat. Hal tersebut mendorong UMKM untuk berfikir lebih kreatif agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah cara efektif yang mampu memberikan pelayanan cepat terhadap kebutuhan masyarakat. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah suatu sistem paket software yang mengintegrasikan seluruh fungsi bidang dalam perusahaan sehingga terbentuk alur komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Semarang. Penelitian ini menggunakan 6 variabel yaitu dukungan manajemen puncak, ketepatan pemilihan software dan hardware, keberhasilan implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP), keunggulan bersaing, kinerja tenaga penjual dan kinerja pemasaran. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan data sebanyak 108 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dari program AMOS 21.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada UMKM dapat melalui 6 proses. Namun, proses yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM adalah dengan mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang didukung dengan ketepatan pemilihan software dan hardware sebagai faktor penentu keberhasilan implmentasi sistem ERP.
Keywords : Enterprise Resource Planning ( ERP ) , Information Technology, Micro, Small and Medium Enterprises, marketing performance, Enterprise Resource Planning (ERP), Teknologi Informasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kinerja pemasaran
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:29
Last Modified: 02 Mar 2020 01:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item
View Item