SA’DIYAH, Melia Anisa and MUDIANTONO, Mudiantono,(2015), ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI EBERHASILAN IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA UMKM DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Semarang
mengalami peningkatan tiap tahunnya. Namun, peningkatan jumlah tersebut tidak
mampu menunjukkan adanya peningkatan kinerja pemasaran. Padahal, teknologi
terus mengalami perkembangan. Berkembangnya teknologi menjadikan
masyarakat cenderung menginginkan pelayanan yang cepat. Hal tersebut
mendorong UMKM untuk berfikir lebih kreatif agar mampu memenuhi kebutuhan
masyarakat. Penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah cara
efektif yang mampu memberikan pelayanan cepat terhadap kebutuhan
masyarakat. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah suatu sistem paket
software yang mengintegrasikan seluruh fungsi bidang dalam perusahaan
sehingga terbentuk alur komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP)
dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) di Semarang.
Penelitian ini menggunakan 6 variabel yaitu dukungan manajemen
puncak, ketepatan pemilihan software dan hardware, keberhasilan implementasi
sistem Enterprise Resource Planning (ERP), keunggulan bersaing, kinerja tenaga
penjual dan kinerja pemasaran. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan data
sebanyak 108 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Structural Equation Model (SEM) dari program AMOS 21.0.
Hasil penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan kinerja
pemasaran pada UMKM dapat melalui 6 proses. Namun, proses yang paling
berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM adalah dengan
mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang
didukung dengan ketepatan pemilihan software dan hardware sebagai faktor
penentu keberhasilan implmentasi sistem ERP.
Keywords : | Enterprise Resource Planning ( ERP ) , Information Technology, Micro, Small and Medium Enterprises, marketing performance, Enterprise Resource Planning (ERP), Teknologi Informasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 01:29 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 01:29 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3319 |