PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KENIKMATAN BERBELANJA, PENGALAMAN BERBELANJA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM

NURRAHMANTO, Prasetyo Agus and RAHARDJA, Edy,(10 March 2015), PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KENIKMATAN BERBELANJA, PENGALAMAN BERBELANJA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2A009138.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya teknologi internet membuat kegiatan perdagangan mengalami perkembangan. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet untuk melakukan perdagangannya, bisnis baru yang muncul adalah perdagangan elektronik (e-commerce). Salah satu e-commerce yang banyak bermunculan saat ini adalah consumer-to-consumer e-commerce, pelaku bisnis membuat sebuah perusahaan baru berbasis c2c e-commerce yang disebut dengan situs jual beli online. Dengan adanya situs jual beli online, konsumen tidak perlu lagi datang ke toko konvensional untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja, pengalaman berbelanja dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di situs jual beli online Bukalapak.com. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna internet di Indonesia dengan usia minimal 17 tahun yang pernah melakukan belanja online di Bukalapak.com atau situs lain, memiliki perangkat dengan jaringan internet dan rekening bank untuk melakukan pembayaran. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling melalui kuesioner secara online. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji goodness of fit. Hasil analisis regresi linier berganda yaitu, Y = 0,282 X1 + 0,292 X2 + 0,098 X3 + 0,270 X4. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah kenikmatan berbelanja (0,292), diikuti oleh variabel kemudahan penggunaan (0,282), kepercayaan konsumen (0,270) dan yang terakhir adalah pengalaman berbelanja (0,098). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel pengalaman berbelanja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli. Koefisien determinasi yang diperoleh dari variabel independen dalam penelitian ini sebesar 63,8%, sementara itu sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini.
Keywords : purchase intention, ease of use, shopping enjoyment, purchase experience, consumer trust, minat beli, kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja, pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:08
Last Modified: 02 Mar 2020 02:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item
View Item