NURRAHMANTO, Prasetyo Agus and RAHARDJA, Edy,(10 March 2015), PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KENIKMATAN BERBELANJA, PENGALAMAN BERBELANJA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK.COM. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Munculnya teknologi internet membuat kegiatan perdagangan
mengalami perkembangan. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan internet
untuk melakukan perdagangannya, bisnis baru yang muncul adalah perdagangan
elektronik (e-commerce). Salah satu e-commerce yang banyak bermunculan saat
ini adalah consumer-to-consumer e-commerce, pelaku bisnis membuat sebuah
perusahaan baru berbasis c2c e-commerce yang disebut dengan situs jual beli
online. Dengan adanya situs jual beli online, konsumen tidak perlu lagi datang ke
toko konvensional untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemudahan
penggunaan, kenikmatan berbelanja, pengalaman berbelanja dan kepercayaan
konsumen terhadap minat beli konsumen di situs jual beli online Bukalapak.com.
Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna internet di Indonesia
dengan usia minimal 17 tahun yang pernah melakukan belanja online di
Bukalapak.com atau situs lain, memiliki perangkat dengan jaringan internet dan
rekening bank untuk melakukan pembayaran. Jumlah sampel yang digunakan
sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling melalui
kuesioner secara online. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji goodness of fit.
Hasil analisis regresi linier berganda yaitu, Y = 0,282 X1 + 0,292 X2 +
0,098 X3 + 0,270 X4. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap
variabel dependen adalah kenikmatan berbelanja (0,292), diikuti oleh variabel
kemudahan penggunaan (0,282), kepercayaan konsumen (0,270) dan yang
terakhir adalah pengalaman berbelanja (0,098). Hasil uji t menunjukkan bahwa
variabel kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja dan kepercayaan
konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan
variabel pengalaman berbelanja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
minat beli. Koefisien determinasi yang diperoleh dari variabel independen dalam
penelitian ini sebesar 63,8%, sementara itu sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi
oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini.
Keywords : | purchase intention, ease of use, shopping enjoyment, purchase experience, consumer trust, minat beli, kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja, pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 02:08 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 02:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3329 |