ANALISIS PENGARUH PROMOSI, DESAIN PRODUK, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS AMDK ADES DI KOTA SEMARANG)

AYUNINGTYAS, Rizky and MAGNADI, Rizal Hari,(15 March 2016), ANALISIS PENGARUH PROMOSI, DESAIN PRODUK, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS AMDK ADES DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks -(12010112130177).pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan ketat telah membuat air minum dalam kemasan Ades yang merupakan perushaan yang telah diakuisisi oleh PT. Coca Cola Amatil mengalami penurunan persentase Top Brand Index (TBI) selama tiga tahun berturut – turut dan selalu berada di urutan terakhir untuk Top Four air minum dalam kemasan di Indonesia. Top Brand Index (TBI) memiliki tiga indikator utama, yaitu Commitment Share, Mind Share, dan Market Share. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui besar pengaruh variabel Promosi, Desain Produk, dan Kelompok Refrensi yang diharapkan nanti dapat meningkatkan persentase TBI. Variabel Promosi, Desain Produk, dan Kelompok Referensi sebagai variabel independen; Citra Merek sebagai variabel intervening; dan Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen air minum dalam kemasan Ades. Metode penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 157 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) melalui program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel indenpenden memiliki pengaruh positif terhadap Citra Merek; dan Citra Merek memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Dari ketiga pengaruh variabel independen tersebut Kelompok Referensi memiliki pengaruh terbesar terhadap Citra Merek dan kemudian disusul dengan promosi dan terkecil adalah Desain Produk.
Keywords : Promotion, Product Design, Brand Image, Purchase Decision, Promosi, Desain Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:50
Last Modified: 05 Mar 2020 07:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item
View Item