PENGARUH PROFITABILITAS DAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

NAILUFAR, Rachmana Isnanita and ROHMAN, H. Abdul,(28 March 2016), PENGARUH PROFITABILITAS DAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030112120008.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan agresivitas pajak perusahaan terhadap corporate social responsibility (CSR). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur menggunakan proksi return on asset (ROA) dan agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rates (ETR). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan dua variabel kontrol yaitu size dan leverage. Penelitian ini memodifikasi penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2013). Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2014. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan diperoleh 62 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria yang terdiri dari 53 perusahaan manufaktur dan 9 perusahaan pertambangan. Total sampel dalam penelitian ini adalah 186 sampel perusahaan. Setelah melalui tahap pengolahan data terdapat 9 data outlier yang harus dikeluarkan dari sampel penelitian,sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 118 perusahaan. Uji analisis menggunakan model analisis regresi ordinary least square. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitbilitas dan agresivitas pajak perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi akan mengungkapkan CSR lebih besar dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki profitabilitas rendah. Selain itu, perusahaan yang memiliki tingkat agresivitas yang tinggi mengakibatkan perusahaan akan mengungkapkan CSR lebih besar dibandingkan dengan perusahaan yang tidak melakukan agresivitas pajak.
Keywords : corporate social responsibility, profitability, corporate tax aggressiveness., corporate social responsibility, profitabilitas, agresivitas pajak,
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:13
Last Modified: 09 Mar 2020 03:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item
View Item