ANGGANA, Raihan Fakhrin and IDRIS, Idris,(23 December 2016), ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR XL DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (50kB)
Download (50kB)
Text
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
Download (106kB)
Download (106kB)
Text
Download (232kB)
Download (232kB)
Text
Download (327kB)
Download (327kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Banyaknya penyedia jasa layanan telekomunikasi mobile di Indonesia saat
ini menyebabkan suatu persaingan yang ketat antar sesama penyedia jasa layanan
telekomunikasi mobile. Terdapat enam merek penyedia layanan GSM di
Indonesia yang sudah dikenal secara publik, salah satunya adalah XL.
Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah
pelanggan layanan telekomunikasi mobile prabayar XL. Ditandai dengan adanya
penurunan jumlah pelanggan prabayar XL dari 60.172 ke 42.100 dalam dua tahun.
Dan permasalahan tersebut juga ditandai dengan terjadinya kenaikan jumlah
pelanggan layanan telekomunikasi prabayar pada operator lain setiap tahunnya.
Pada tahun 2015, XL telah melakukan kampanye pemasaran diantaranya melalui
promosi penjualan dan periklanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh kesadaran merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian
kartu prabayar XL di kalangan mahasiswa Universitas Diponegoro.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
Universitas Diponegoro yang memiliki pengalaman terhadap produk layanan
prabayar XL, dengan lama penggunaan minimum 6 bulan. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil
untuk penelitian ini adalah sebanyak 125 responden. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan secara langsung oleh
peneliti kepada responden.
Berdasarkan hasil penelitian ini, kesadaran merek, harga, dan promosi
memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian kartu prabayar XL
pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Variabel yang digunakan pada
penelitian ini yang memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan
pembelian produk prabayar XL adalah promosi dan variabel yang memiliki
pengaruh paling kecil terhadap keputusan pembelian produk prabayar XL adalah
kesadaran merek.
Keywords : | UNSPECIFIED, UNSPECIFIED |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 08:04 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 08:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3578 |