PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2013)

FIRDAUS, Alfan Zulfahnur and JANUARTI, Indira,(6 September 2016), PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2013). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12030111130030.pdf] Text - Published Version
Download (669kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030111130030.pdf] Text - Published Version
Download (671kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030111130030.pdf] Text - Published Version
Download (672kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030111130030.pdf] Text - Published Version
Download (669kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030111130030.pdf] Text - Published Version
Download (669kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030111130030.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan antara corporate social responsibility (CSR) dan agresivitas pajak perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak perusahaan. Agresivitas pajak perusahaan diukur dengan effective tax rate (ETR). Variabel independen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility (CSR) yang diukur dengan pengungkapan corporate social responsibility berdasarkan indeks GRI 3.1. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan inventory intensity dan capital intensity sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun keuangan 2012/2013. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang memiliki ketersediaan laporan tahunan dan keuangan pada tahun 2012/2013. Sampel mula-mula yang didapatkan adalah 140 data perusahaan. Setelah data diolah, terdapat 33 outlier, sehingga sampel akhir dalam penelitian ini berjumlah 107 data perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi pengungkapan corporate social responsibility (CSR) maka semakin rendah tingkat agresivitas pajak. Peneliti menemukan hubungan negatif dan tidak signifikan antara pengungkapan CSR dan agresivitas pajak. Sementara itu, inventory intensity dan capital intensity memiliki hubungan positif dan signifikan pada agresivitas pajak.
Keywords : Corporate social responsibility, tax aggressiveness, inventory intensity, capital intensity, Corporate social responsibility, agresivitas pajak, inventory intensity, capital intensity
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:33
Last Modified: 10 Mar 2020 07:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item
View Item