ANALISIS PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI FAKTOR – FAKTOR YANG MEMBENTUK PREFERENSI MEREK COFFEE SHOP DI SOCIAL MEDIA (Studi pada Konsumen J.CO Donuts and Coffee Paragon Mall, Semarang)

SUDARMONO, Lea Handayani and MUDIANTONO, Mudiantono,(April 2016), ANALISIS PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI FAKTOR – FAKTOR YANG MEMBENTUK PREFERENSI MEREK COFFEE SHOP DI SOCIAL MEDIA (Studi pada Konsumen J.CO Donuts and Coffee Paragon Mall, Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010112120034.pdf] Text - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010112120034.pdf] Text - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010112120034.pdf] Text - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010112120034.pdf] Text - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010112120034.pdf] Text - Published Version
Download (0B)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010112120034.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Gaya hidup konsumen yang cenderung konsumtif dan menginginkan kepraktisan, serta masuknya nilai kebarat – baratan menjadi awal maraknya berbagai kedai kopi berskala kecil maupun bertaraf global. Berdasarkan fenomena bisnis yang terjadi, konsumen saat ini lebih memilih berkunjung ke kedai kopi berdasarkan preferensi merek di social media. J.CO sebagai salah satu kedai kopi bermerek belum unggul dibanding dengan sesama pemain bisnisnya. Hal tersebut terlihat dari penurunan citra merek dan jumlah konsumen yang melakukan pembelian di salah satu gerai cabangnya yaitu J.CO Paragon Mall, Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan keputusan pembelian melalui faktor – faktor yang dapat membentuk preferensi merek coffee shop di social media. Terutama menguji signifikansi pengaruh preferensi merek dalam meningkatkan keputusan pembelian. Variabel independen atau konstruk eksogen dalam penelitian ini adalah Store Atmosphere, Citra Merek dan Promosi. Sedangkan variabel dependen atau konstruk endogennya adalahpreferensi merek di social media dan keputusan pembelian. Model diuji berdasarkan data kuesioner terhadap 200 responden yang merupakan konsumen yang sedang atau pernah melakukan pembelian di gerai cabang J.CO Paragon Mall, Semarang dan dianalisis menggunakan Struktural Equation Modeling melalui program Amos 22.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian dapat melalui 3 proses. Namun proses yang paling berpengaruh adalah upaya peningkatan keputusan pembelian konsumen melalui preferensi merek di social media, yang didukung melalui kegiatan promosi yang efektif. Secara keseluruhan model penelitian layak uji dan semua hipotesis dapat diterima.
Keywords : Store Atmosphere, Brand Image, Promotion, brand preference in social media, and Purchase decision, Store Atmosphere, Citra Merek, Promosi, Preferensi Merek di Social Media, dan Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:00
Last Modified: 20 Mar 2020 02:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3729

Actions (login required)

View Item
View Item