ANALISIS ANTESEDEN PREFERENSI PEMBELIAN ONLINE DI INDONESIA (Studi Pada Pembeli Online di Kota Semarang)

AKBAR, Mochamad Jordanis and WIDIYANTO, Ibnu,(19 June 2014), ANALISIS ANTESEDEN PREFERENSI PEMBELIAN ONLINE DI INDONESIA (Studi Pada Pembeli Online di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Full text pdf Bookmark-C2A009093.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh pengalaman dan persepsi manfaat terhadap kepercayaan dan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh kepercayaan terhadap preferensi pembelian online di Kota Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja online di Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 200 responden dan teknik yang digunakan adalah Non-probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode survei melalui kuesioner dengan Disagree-Agree Scale 1-10. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik membentuk suatu persamaan regresi. Variabel independen penelitian ini adalah pengalaman dan persepsi manfaat. Preferensi pembelian online menjadi variabel dependen dan kepercayaan sebagai variabel intervening. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel intervening dan juga mempengaruhi secara positif variabel dependen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen. Angka Adjusted R Square Model I menunjukkan bahwa 53,4% kepercayaan dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebasnya, sedangkan sisanya sebesar 46,6% dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar penelitian. Lalu nilai Adjusted R Square Model II adalah sebesar 0,551 yang berarti kemampuan variabel kepercayaan dalam menjelaskan preferensi pembelian online adalah sebesar 55,1%, sehingga sisanya sebesar 44,9% memerlukan mediating lain yang tidak diteliti. Kata kunci : pengalaman, persepsi manfaat, kepercayaan, dan preferensi pembelian online.
Keywords : Keywords : experience, perceived usefulness, trust, and online purchasing preferences., Kata kunci : pengalaman, persepsi manfaat, kepercayaan, dan preferensi pembelian online.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 06 May 2020 02:31
Last Modified: 06 May 2020 02:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View Item
View Item