ABADI, Dimas Langgeng and SOFIAN, Syuhada,(11 January 2013), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PERUSAHAAN JASA BUS RAJAWALI (Studi pada penumpang bus Rajawali trayek Solo-Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (337kB)
Download (337kB)
Text
Download (338kB)
Download (338kB)
Text
Download (338kB)
Download (338kB)
Text
Download (343kB)
Download (343kB)
Text
Download (503kB)
Download (503kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya moda transportasi
umum terutama bus yang melayani rute trayek Solo – Semarang sehingga
membuat persaingan antar penyedia layanan bus semakin ketat serta semakin
memberikan pilihan yang beragam bagi konsumen. Sedangkan objek yang dipilih
di dalam penelitian ini adalah bus Rajawali yang termasuk salah satu bus yang
melayani rute Solo – Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap perusahaan jasa bus
Rajawali tersebut. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi loyallitas konsumen
diantaranya kewajaran harga, kualitas layanan dan kepuasan konsumen.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuantitatif dengan teknik kuesioner terhadap 120
responden yang merupakan konsumen / penumpang dari bus Rajawali. Metode
analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian
ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel dimana
mereka semua sudah pernah naik bus Rajawali lebih dari 2 kali serta semua
responden tersebut memiliki profesi / pekerjaan sebagai mahasiswa. Dari hasil
pengolahan data tersebut didapatkan 5 hipotesis. Sementara itu didalam kuesioner
tersebut juga terdapat pertanyaan terbuka yang dapat berguna untuk mengetahui
keterangan atau alasan dari konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewajaran harga berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen, kewajaran harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen,
kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dan yang
terakhir adalah kepuasan konsumen berpengaruh kepada loyalitas konsumen.
Keywords : | Price Fairness, Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Kewajaran Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2020 07:26 |
Last Modified: | 06 May 2020 07:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3921 |