ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERPINDAHAN MEREK MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada bekas konsumen pembersih wajah Pond’s di kota Semarang)

PUTRO, Ismail Wahyudi and MUDIANTONO, Mudiantono,(7 July 2014), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERPINDAHAN MEREK MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada bekas konsumen pembersih wajah Pond’s di kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS - 12010110120114.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena terjadinya perilaku perpindahan merek pada pembersih wajah merek Pond’s. Dengan adanya penurunan citra merek pada produk tersebut, hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu terjadi penurunan kepuasan konsumen yang berimbas pada perilaku perpindahan merek pada produk pembersih wajah pond’s ke merek lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk terhadap perilaku perpindahan merek melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada konsumen pembersih wajah Pond’s di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan pembersih wajah Pond’s dan telah beralih ke merek lain atau melakukan perpindahan merek ke produk pembersih wajah lainnya yang berdomisili di kota Semarang. Adapun sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terlebih dahulu diuji dengan validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel citra merek (X1), kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan hasil analisis linier berganda yaitu Y1= 0,420X1+0,389X2. Dengan citra merek merupakan variabel yang paling berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen diikuti oleh kualitas produk. Kedua variabel ini berpengaruh sebesar 34,6% terhadap kepuasan konsumen sedangkan sisanya 65,4% dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Serta variabel kepuasan konsumen (Y1) berpengaruh negatif terhadap perilaku perpindahan konsumen (Y2) dengan hasil analisis linier berganda yaitu Y2= -0,406Y1. Variabel ini berpengaruh sebesar 15,6% terhadap perilaku perpindahan merek sedangkan sisanya 84,4% dapat dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords : Brand image, product quality, customer satisfaction, brand switching behavior, Citra merek, kualitas produk, kepuasan konsumen, perilaku perpindahan merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 08 May 2020 03:45
Last Modified: 08 May 2020 03:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/3956

Actions (login required)

View Item
View Item