IRIANSYAH, Rusdi Dwi and SUGIONO, Sugiono,(28 April 2015), ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SPORT 150cc YAMAHA DI SEMARANG (Studi kasus pada pengguna sepeda motor sport Yamaha di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (119kB)
Download (119kB)
Text
Download (96kB)
Download (96kB)
Text
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
Download (337kB)
Download (337kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya penggunaan sepeda
motor sport 150 cc Yamaha di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya
penggunaan di kota Semarang. Persaingan yang sangat ketat di industri otomotif
terutama kendaraan roda dua mengharuskan perusahaan untuk terus berinovasi agar
dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen yang juga terus berubah.
Persaingan yang sangat kompetitif di industri otomotif sepeda motor di Indonesia,
menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh produsen otomotif sepeda
motor. Meski sudah melakukan berbagai inovasi terhadap produknya, tidak mudah
bagi produsen otomotif sepeda motor untuk mengambil keputusan strategi
pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian kosumen, disisi lain konsumen pada
jaman sekarang sudah mulai kritis terhadap barang/jasa yang akan dipilih dengan
melihat beberapa faktor sebagai pertimbangan diantaranya produk, harga, promosi
dan distribusi.
Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan kombinasi metode
convenience sampling dimana sampel terdiri dari orang yang bersedia dan mudah
bagi peneliti untuk memulai wawancara, dan Pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan metode purpose sampling. Purpose sampling adalah pemilihan
sampel berdasarkan kriteria tertentu yaitu konsumen yang sudah pernah membeli
sepeda motor sport Yamaha dan konsumen yang berada di Semarang. Analisis ini
meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi :
Y = 0,303 X
1
+ 0,269 X
2
v
+ 0,383 X
3
+ 0,194 X
4
Variabel promosi memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan
pembelian sebesar 0,383, kemudian diikuti variabel produk sebesar 0,303 dan
variabel harga sebesar 0,269, sedangkan variabel distribusi mempunyai pengaruh
paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar 0,194. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t yang menunjukan bahwa ke empat variabel independen yaitu
produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) yang diteliti terbukti
secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan
pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga,
promosi dan ditribusi memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan
pembelian. Angka Adjusted R Square menunjukan bahwa 51,2% variasi keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh ke empat variabel independen dalam persamaan
regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 48,8% dijelaskan oleh vaariabel lain
diluar ke empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Purchasing Decision, Product, Price, Promotion, Distribution, Keputusan Pembelian, Produk, Harga, Promosi, Distribusi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 12 May 2020 05:00 |
Last Modified: | 12 May 2020 05:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4035 |