METRIANA, Maya and LATARUVA, Eisha,(19 June 2014), STUDI KOMPARATIF PENGARUH MOTIVASI, PERILAKU BELAJAR, SELF-EFFICACY DAN STATUS KERJA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA BEKERJA DAN MAHASISWA TIDAK BEKERJA (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan perguruan tinggi ditingkat global untuk menjadi world class university menuntut perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi tinggi. Lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat bersaing dalam dunia kerja. Untuk mencapainya, mahasiswa memiliki peran yang cukup besar sehingga dituntut untuk berprestasi dalam bidang akademik. Mahasiswa dianggap sudah dewasa untuk dapat meregulasi dirinya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, perilaku belajar, self-efficacy dan status kerja terhadap prestasi akademik dan perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa bekerja dan mahasiswa tidak bekerja.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada masing-masing 100 mahasiswa bekerja dan mahasiswa tidak bekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dan independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, perilaku belajar dan selfefficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan status kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Selain itu, terdapat perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa bekerja dan mahasiswa tidak bekerja dimana IPK mahasiswa bekerja lebih tinggi dibandingkan IPK mahasiswa tidak bekerja.
Keywords : | motivation, learning behavior, self-efficacy, work status and academic achievement, motivasi, perilaku belajar, self-efficacy, status kerja dan prestasi akademik |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 12 May 2020 06:05 |
Last Modified: | 12 May 2020 06:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4056 |