ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PENGGUNAAN JASA KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Sanggar Bina Usaha Temanggung)

NAJIB, Muhammad Alfiyan and IDRIS, Idris,(March 2014), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PENGGUNAAN JASA KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Sanggar Bina Usaha Temanggung). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKARKS - (C2A009262).pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, kepercayaan dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan anggota koperasi simpan-pinjam. Dan penelitian ini juga bertujuan menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan anggota koperasi simpan-pinjam. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota yang sudah pernah melakukan transaksi dan sudah dinyatakan melunasi kewajibannya. Sampel pada penelitian ini sebanyak 125 responden dan tekhnik yang digunakan adalah tekhnik Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsu klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Variabel citra merek memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan anggota sebesar 0,344, kemudian diikuti oleh variabel kepercayaan sebesar 0,292, lalu diikuti oleh variabel kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling rendah yaitu sebesar 0,290. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independent yaitu kualitas pelayanan (X1), kepercayaan (X2), dan citra merek (X3) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependent yaitu kepuasan anggota (Y). Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan dan citra merek, memang layak untuk menguji variabel dependen yaitu kepuasan anggota. Adjusted R Square memberikan hasil sebesar 0,643 atau 64,3% kondisi ini menunjukkan kepuasan anggota mampu dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 35,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel tersebut.
Keywords : quality of service, trust, brand image, satisfaction of members, kualitas pelayanan, kepercayaan, citra merek, kepuasan anggota
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 12 May 2020 06:22
Last Modified: 12 May 2020 06:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item
View Item