WIDAYUNI, Nisrina and HARTO, Puji,(20 March 2014), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada bank syariah, aspek pengungkapan corporate social responsibility merupakan bentuk kepatuhan terhadap syariah Islam karena menunjukkan manfaat yang diberikan perusahaan kepada lingkungannya. Berdasarkan hal tersebut,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada bank syariah di Indonesia dan Malaysia. Faktor-faktor yang diteliti adalah jumlah rapat dewan pengawas syariah, jumlah anggota dewan pengawas syariah, profitabilitas, tingkat leverage dan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel dari 36 laporan tahunan bank syariah di Indonesia dan Malaysia pada periode tahun 2010-2012. Sampel tersebut didapatkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengukuran pengungkapan corporate social responsibility dilakukan menggunakan indeks dengan 32 aspek pengungkapan yang merupakan replika dari penelitian Maali et al. (2003) sedangkan pengujian variabel dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang diolah menggunakan SmartPLS. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa rata-rata pengungkapan corporate social responsibility pada perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia masih cukup rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif sedangkan leverage memiliki pengaruh negatif terhadap tingkat pengungkapan corporate social responsibility. Sementara itu, variabel jumlah rapat dewan pengawas syariah, jumlah anggota dewan pengawas syariah dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan.
Kata
Keywords : | Corporate Social Responsibility ( CSR ) , Islamic banks , the number of sharia supervisory board meeting , the number of sharia supervisory board members , profitability , leverage , size of the company, Corporate Social Responsibility (CSR), bank syariah, jumlah rapat dewan pengawas syariah, jumlah anggota dewan pengawas syariah, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 12 May 2020 06:49 |
Last Modified: | 12 May 2020 06:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4080 |