PENGARUH ELEMEN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RENTABILITAS (Studi pada perusahaan Consumer good’s di Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia)

ALFIAN, Ahmad Hijri and ROHMAN, Abdul,(6 March 2013), PENGARUH ELEMEN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP RENTABILITAS (Studi pada perusahaan Consumer good’s di Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2C009142..pdf] Text - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2C009142.pdf] Text - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2C009142.pdf] Text - Published Version
Download (124kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2C009142.pdf] Text - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2C009142.pdf] Text - Published Version
Download (133kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2C009142.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh pengungkapan elemen Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap salah satu rasio dari Financial Soundness atau tingkat kesehatan keuangan yaitu rasio rentabilitas suatu perusahaan consumer good’s di Indonesia. Penelitian ini menggunakan indeks pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai ukuran dari pengungkapan CSR berdasarkan indikator Global Reporting Initiatives (GRI) versi 3.1. Sampel dari penelitian ini adalah 23 perusahaan consumer good’s yang terdaftar pada bursa Efek Indonesia periode tahun 2009 hingga 2011 sehingga jumlah total perusahaan yang digunakan sebagai sampel adalah 46. Sedangkan Metode analisis yang digunakan untuk meneliti pengaruh pengungkapan elemen CSR terhadap rasio rentabilitas adalah menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh siginifikan terhadap Return On Equity (ROE) sebagai alat analisis dari rentabilitas jika diuji secara simultan. Dan jika diuji secara parsial berdasarkan elemen CSR, maka hanya kinerja sosial dan lingkungan yang berpengaruh siginifikan terhadap ROE. Sedangkan kinerja tenaga kerja, HAM, dan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE.
Keywords : CSR, ROE, environment, labor, human rights, social, product, CSR, ROE, GRI 3.1, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial, Produk
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 14 May 2020 03:03
Last Modified: 14 May 2020 03:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item
View Item