APRILIANI, Lydia and FERDINAND, Augusty Tae,(7 April 2015), FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MARKET SHARE (Studi KasusPadaSmartphone iPhone di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (34kB)
Download (34kB)
Text
Download (75kB)
Download (75kB)
Text
Download (77kB)
Download (77kB)
Text
Download (82kB)
Download (82kB)
Text
Download (602kB)
Download (602kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis Market share terhadap keunggulan
bersaing Smartphone iPhone pada agen penjualan handphone di Semarang.
Penelitian ini berangkat dari masalah penelitian yaitu :“Bagaimana cara
meningkatkan Market share pada produk Apple?” Telaah pustaka yang dilakukan
telah menuntun peneliti dalam menghasilkan sebuah model penelitian penelitian
yang dibentuk oleh hubungan empat (4) variabel yaitu: kualitas produk, inovasi
produk, harga, keungggulan bersaing dan satu (1) indikator yaitu Market share.
Metode penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan
sampel sebanyak 100 responden pada agen penjual handphone di semarang.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif
menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Analisis ini
meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R
).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada persamaan pertama kualitas
produk, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan
bersaing.Untuk persamaan kedua keunggulan bersaing serta harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Market share. Variabel inovasi produk merupakan
faktor yang paling dominan mempengaruhi keunggulan bersaing sebesar 0,572
dan faktor terkecil mempengaruhi Market share adalah harga sebesar 0.216.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa semua variabel independen
memang layak untuk menguji variabel dependen. Angka Adjusted R Square pada
persamaan pertama 0.568, sedangkan pada persamaan kedua sebesar 0.091. Hal
ini menunjukkan bahwa56.8% keunggulan bersaing dapat dijelaskan oleh variabel
kualitas produk dan inovasi produk. Sedangkan pada persamaan kedua
menunjukkan bahwa 9.1% Market sharedapat dijelaskan oleh variable
keunggulan bersaing dan harga. Sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel
lainnya di luar penelitian.
Keywords : | product quality, product innovation, price, competitive advantage, and Market share, Kualitas produk, inovasi produk, harga, keunggulan bersaing dan Market share |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 04:32 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 04:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4346 |