FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MARKET SHARE (Studi KasusPadaSmartphone iPhone di Semarang)

APRILIANI, Lydia and FERDINAND, Augusty Tae,(7 April 2015), FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MARKET SHARE (Studi KasusPadaSmartphone iPhone di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks – 12010111130095.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis Market share terhadap keunggulan bersaing Smartphone iPhone pada agen penjualan handphone di Semarang. Penelitian ini berangkat dari masalah penelitian yaitu :“Bagaimana cara meningkatkan Market share pada produk Apple?” Telaah pustaka yang dilakukan telah menuntun peneliti dalam menghasilkan sebuah model penelitian penelitian yang dibentuk oleh hubungan empat (4) variabel yaitu: kualitas produk, inovasi produk, harga, keungggulan bersaing dan satu (1) indikator yaitu Market share. Metode penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden pada agen penjual handphone di semarang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta koefisien determinasi (R ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada persamaan pertama kualitas produk, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.Untuk persamaan kedua keunggulan bersaing serta harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Market share. Variabel inovasi produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keunggulan bersaing sebesar 0,572 dan faktor terkecil mempengaruhi Market share adalah harga sebesar 0.216. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa semua variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen. Angka Adjusted R Square pada persamaan pertama 0.568, sedangkan pada persamaan kedua sebesar 0.091. Hal ini menunjukkan bahwa56.8% keunggulan bersaing dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan inovasi produk. Sedangkan pada persamaan kedua menunjukkan bahwa 9.1% Market sharedapat dijelaskan oleh variable keunggulan bersaing dan harga. Sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya di luar penelitian.
Keywords : product quality, product innovation, price, competitive advantage, and Market share, Kualitas produk, inovasi produk, harga, keunggulan bersaing dan Market share
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 02 Jun 2020 04:32
Last Modified: 02 Jun 2020 04:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item
View Item