SARASWATI, Prita and KISWARA, Endang,(15 March 2013), ANALISIS TERHADAP PENERAPAN THEORY OF CONSUMER ACCEPTANCE TECHNOLOGY PADA E-SPT. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of 1. S - Cover - C2C009255.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (56kB)
![[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2C009255.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (17kB)
![[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2C009255.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (18kB)
![[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2C009255.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (26kB)
![[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2C009255.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (23kB)
![[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2C009255.pdf]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku wajib pajak terhadap minat penggunaan E-SPT di
Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian replikasi dari penelitian
Kulviwat,dkk.(2007) yang mengintegrasikan Technology Acceptance Model
(TAM) dengan Pleasure, Arousal, and Dominance (PAD) menjadi suatu model
Consumer Acceptance Technology (CAT) . Penelitian ini dilakukan pada wajib
pajak badan di DKI Jakarta, Indonesia. Obyek penelitian ini adalah aplikasi pajak
khususnya E-SPT yang dikembangkan oleh Dirjen Pajak Indonesia. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 57 perusahaan yang telah menggunakan
aplikasi pajak khususnya E-SPT. Metode analisis data yang digunakan adalah
SmartPLS 2.0.
Penelitian ini menggunakan variabel persepsi keunggulan relatif, persepsi
kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kesenangan, keinginan, dominansi,
sikap, dan minat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap wajib pajak
merupakan faktor utama yang mempengaruhi minat wajib pajak dalam
menggunakan E-SPT. Consumer Acceptance Technology (CAT) dapat
diintegrasikan sebagai model penelitian untuk menjelaskan minat wajib pajak
badan dalam menggunakan E-SPT.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa persepsi keunggulan relatif,
kesenangan, keinginan, dan dominansi berpengaruh signifikan dan positif
terhadap sikap wajib dalam menggunakan E-SPT. Persepsi kegunaan dan persepsi
kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap wajib pajak
menggunakan E-SPT. Jadi, untuk meningkatkan penggunaan E-SPT oleh wajib
pajak maka persepsi keunggulan relatif, kesenangan, keinginan, dan dominansi
E-SPT perlu ditingkatkan.
Keywords : | E-SPT, Consumer Acceptance Technology (CAT), attitude, intention, E-SPT, Consumer Acceptance Technology (CAT), sikap, minat |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 04:35 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 04:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4373 |