ANALISIS TERHADAP PENERAPAN THEORY OF CONSUMER ACCEPTANCE TECHNOLOGY PADA E-SPT

SARASWATI, Prita and KISWARA, Endang,(15 March 2013), ANALISIS TERHADAP PENERAPAN THEORY OF CONSUMER ACCEPTANCE TECHNOLOGY PADA E-SPT. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2C009255.pdf] Text - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2C009255.pdf] Text - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2C009255.pdf] Text - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2C009255.pdf] Text - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2C009255.pdf] Text - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2C009255.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku wajib pajak terhadap minat penggunaan E-SPT di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian replikasi dari penelitian Kulviwat,dkk.(2007) yang mengintegrasikan Technology Acceptance Model (TAM) dengan Pleasure, Arousal, and Dominance (PAD) menjadi suatu model Consumer Acceptance Technology (CAT) . Penelitian ini dilakukan pada wajib pajak badan di DKI Jakarta, Indonesia. Obyek penelitian ini adalah aplikasi pajak khususnya E-SPT yang dikembangkan oleh Dirjen Pajak Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 57 perusahaan yang telah menggunakan aplikasi pajak khususnya E-SPT. Metode analisis data yang digunakan adalah SmartPLS 2.0. Penelitian ini menggunakan variabel persepsi keunggulan relatif, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kesenangan, keinginan, dominansi, sikap, dan minat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap wajib pajak merupakan faktor utama yang mempengaruhi minat wajib pajak dalam menggunakan E-SPT. Consumer Acceptance Technology (CAT) dapat diintegrasikan sebagai model penelitian untuk menjelaskan minat wajib pajak badan dalam menggunakan E-SPT. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa persepsi keunggulan relatif, kesenangan, keinginan, dan dominansi berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap wajib dalam menggunakan E-SPT. Persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap wajib pajak menggunakan E-SPT. Jadi, untuk meningkatkan penggunaan E-SPT oleh wajib pajak maka persepsi keunggulan relatif, kesenangan, keinginan, dan dominansi E-SPT perlu ditingkatkan.
Keywords : E-SPT, Consumer Acceptance Technology (CAT), attitude, intention, E-SPT, Consumer Acceptance Technology (CAT), sikap, minat
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 03 Jun 2020 04:35
Last Modified: 03 Jun 2020 04:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item
View Item