STRATEGI PENGUATAN MODAL SOSIAL KELOMPOK TANI DALAM PENGEMBANGAN PRODUK SAYURAN (Kasus Kelompok Tani di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang)

WIBISONO, Galih Mukti Annas and DARWANTO, Darwanto,(18 September 2015), STRATEGI PENGUATAN MODAL SOSIAL KELOMPOK TANI DALAM PENGEMBANGAN PRODUK SAYURAN (Kasus Kelompok Tani di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2B009103.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan masyarakat dan pengembangan petanian sayuran di desa tentunya tidak hanya berorientasi pada aspek ekonomi, tetapi harus didukung dengan aspek sosial yang tidak bisa dilepaskan dari peran modal sosial yang ada di masyarakat karena memiliki peran sebagai sarana efektif mengatur masyarakat dalam pelaksanaan pengembangan pertanian sayuran. Penelitian ini bertujuan menganalisi peran modal sosial yang ada di masyarakat terhadap pengembangan petanian sayuran dan memformulasikan strategi penguatan modal sosial dalam pengembangan pertanian sayuran. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada informan yang dipilih dengan snowball sampling. Metode Analytic Network Process (ANP) dalam analisis data dengam variable masalah yang di temukan adalah sarana produksi, pemasaran, modal pertanian, dan kelembagaan petani. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat desa sudah membentuk sebuah instisusi dalam bentuk kelompok-kelompok tani untuk saling berkoordinasi antar anggota namun modal sosial yang ada di masyarakat mulai berkurang seperti nilai-nilai luhur, rasa kepercayaan dan pemanfaatan jaringan sosial masih minim. Strategi yang harus dilakukan untuk memperkuat kelompok tani adalah dengan penguatan pemasaran dengan modal sosial seperti kepercayaan, norma-norma dan jaringan sosial yang merupakan kunci dalam menyelesaikan aspek-aspek permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan pertanian sayuran.
Keywords : Vegetable farmer, Social Capital, Society, Analytic Network Process (ANP), Production Facilities, Marketing, Agricultural capital, Farmers Institutional, Petani sayuran, Modal Sosial, Analytic Network Process (ANP), Sarana Produksi, Pemasaran, Modal Pertanian, Kelembagaan Petani
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:07
Last Modified: 05 Jun 2020 06:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item
View Item