MUSTOFA, Bisri and SUTOPO, Sutopo,(20 June 2013), ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas MOTOR YAMAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas MOTOR YAMAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (54kB)
Download (54kB)
Text
Download (55kB)
Download (55kB)
Text
Download (56kB)
Download (56kB)
Text
Download (62kB)
Download (62kB)
Text
Download (112kB)
Download (112kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan yang terjadi
pada industri sepeda motor. Dewasa ini, Sepeda Motor Yamaha menunjukkan adanya
penurunan jumlah penjualan terutama di tahun 2011 dan tahun 2012. Secara khusus,
dalam penelitian ini mengulas upaya Yamaha untuk mempertahankan posisinya
sebagai salah satu market leader dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas
mereknya, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk
melakukan keputusan pembelian bahkan pembelian ulang pada produk tersebut.
Penelitian ini secara khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari
kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap
keputusan pembelian konsumen pada sepeda motor Yamaha
Penelitian ini dilakukan melalui tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis,
pengumpulan data primer melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik
purposive sampling terhadap 100 responden yang pernah menggunakan maupun
memiliki sepeda motor Yamaha. Populasi yang dijadikan responden dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Kemudian dilakukan
analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif dan
kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis
koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data
yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan
dengan memberi keterangan dan penjelasan.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi
klasik tersebut diolah dengan dengan program SPSS 21 (Statistical Package for
Social Science) sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 204 X
1
+ 298 X
v
2
+ 321 X
3
+ 204 X
4
Dimana variabel keputusan pembelian (Y), kesadaran merek (X
),
pemahaman kualitas (X
2
), asosiasi merek (X
3
), dan loyalitas merek (X
). Pengujian
hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang
diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen, kemudian dengan
menggunakan uji F diketahui bahwa keempat variabel independen memang layak
untuk menguji variabel dependen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,738
menunjukkan bahwa 73,8 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh
keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 26,2
persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Keywords : | purchasing decisions, brand awareness, perceived quality, brand association, and brand loyalty, keputusan pembelian, kesadaran merek, pemahaman kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 04:59 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4573 |