PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU (Studi pada PT. PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Tengah dan DIY)

IRANTO, Bondan Dw and JANUARTI, Indira,(25 April 2012), PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU (Studi pada PT. PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Tengah dan DIY). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2C607034.pdf] Text - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2C607034.pdf] Text - Published Version
Download (15kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2C607034.pdf] Text - Published Version
Download (15kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2C607034.pdf] Text - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2C607034.pdf] Text - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2C607034.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi komputer dan informasi saat ini, sistem informasi akuntansi telah berkembang menjadi sistem informasi akuntansi yang berbasisis komputer. Sistem Informasi Akuntansi yang terkomputerisasi memungkinkan pemakai laporan keuangan dapat melihat laporan keuangan setiap saat dengan lebih cepat dan akurat. Organisasi memiliki alternatif untuk memilih antara paket program sistem informasi akuntansi yang dijual dalam paket yang sudah jadi atau dapat memesan khusus sesuai dengan karakteristik perusahaan. Perilaku yang ditimbulkan dari pemakaian sistem informasi ini dalam proses selanjutnya diharapkan akan memberi dampak terhadap kinerja individu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris pengaruh kualitas pelayanan, kualitas sistem, dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris pengaruh kepuasan pengguna sistem informasi terhadap kinerja individu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN (PERSERO) Distribusi Jateng dan DIY, sedangkan sampelnya adalah 34 karyawan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang dipergunakan adalah PLS. Hasil dari penelitian ini adalah : kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem informasi, dengan alasan dalam pelaksanaannya pengguna SAP di PT. PLN (Persero) pihak karyawan sudah mendapatkan paket sistem informasi tersebut dari PLN Pusat yang sudah memiliki tenaga yang ahli dalam bidang sistem informasi, sehingga sistem yang sesuai dengan harapan tidak terlalu berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem informasi di PT. PLN. Kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap kinerja individu.
Keywords : service quality, system quality, information quality, user satisfaction, Individual performance, Kualitas Pelayanan, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna Sistem Informasi, dan Kinerja Individu
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:37
Last Modified: 11 Jun 2020 02:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4604

Actions (login required)

View Item
View Item