ZEN, Darma Kusuma Moh and LATARUVA, Eisha,(September 2012), Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (195kB)
Download (195kB)
Text
- Published Version
Download (196kB)
Download (196kB)
Text
- Published Version
Download (197kB)
Download (197kB)
Text
- Published Version
Download (203kB)
Download (203kB)
Text
- Published Version
Download (201kB)
Download (201kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (789kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (789kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya persaingan antara merekmerek
lama dengan munculnya merek-merek baru. Secara khusus, penelitian ini
mengulas upaya yang dilakukan Pocari Sweat untuk mempertahankan market
leader. Adapun masalah penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh ekuitas merek
terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman isotonik merek Pocari
Sweat?”. Penelitian ini secara khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang
terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas. Tujuan dari
penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek
tersebut terhadap keputusan pembelian komsumen pada produk minuman isotoni
merek Pocari Sweat.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuisioner pada 100 orang responden yang pernah
melakukan keputusan pembelian pada produk merek Pocari Sweat. Sedangkan
populasi yang disajikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Fakultas Ekonomika dan Bisnis universitas Diponegoro. Sementara pengambilan
sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan
analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif dan
kualitatif.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi
klasik tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,279 X1 + 0,330 X2 + 0,252 X3
Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Kesadaran Merek (X1), Asosiasi
Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji F
menunjukan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependennya. Kemudian
melalui uji t dapat diketahui bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas dan loyalitas merek terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian secara parsial. Angka Adjusted R Square sebesar 0,512 menunjukan
bahwa 51,2 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat
variabel independen dalam persamaan regresi. Sisanya 48,8 persen dijelaskan
variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | consumer purchasing decisions, brand awareness, brand associations, perceived quality, keputusan pembelian konsumen, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 07:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 07:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4764 |