Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang)

ZEN, Darma Kusuma Moh and LATARUVA, Eisha,(September 2012), Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - C2A008183.pdf] Text - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A008183.pdf] Text - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A008183.pdf] Text - Published Version
Download (197kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A008183.pdf] Text - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A008183.pdf] Text - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A008183.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya persaingan antara merekmerek lama dengan munculnya merek-merek baru. Secara khusus, penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Pocari Sweat untuk mempertahankan market leader. Adapun masalah penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman isotonik merek Pocari Sweat?”. Penelitian ini secara khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keempat elemen ekuitas merek tersebut terhadap keputusan pembelian komsumen pada produk minuman isotoni merek Pocari Sweat. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuisioner pada 100 orang responden yang pernah melakukan keputusan pembelian pada produk merek Pocari Sweat. Sedangkan populasi yang disajikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis universitas Diponegoro. Sementara pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,279 X1 + 0,330 X2 + 0,252 X3 Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependennya. Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Angka Adjusted R Square sebesar 0,512 menunjukan bahwa 51,2 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sisanya 48,8 persen dijelaskan variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : consumer purchasing decisions, brand awareness, brand associations, perceived quality, keputusan pembelian konsumen, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 16 Jun 2020 07:27
Last Modified: 16 Jun 2020 07:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4764

Actions (login required)

View Item
View Item