INFLUENCE OF INTERNAL MARKETING TOWARDS ORGANIZATIONAL PERFORMANCE WITH MEDIATING ROLE OF ORGANIZATIONAL COMPETENCES IN NOT FOR PROFIT ORGANIZATION AIESEC INDONESIA (Project Based on Exchange HIV/AIDS in 2010 )

PRANOWO, Khaleed Hadi and ANDRIYANI, Andriyani,(April 2012), INFLUENCE OF INTERNAL MARKETING TOWARDS ORGANIZATIONAL PERFORMANCE WITH MEDIATING ROLE OF ORGANIZATIONAL COMPETENCES IN NOT FOR PROFIT ORGANIZATION AIESEC INDONESIA (Project Based on Exchange HIV/AIDS in 2010 ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A006080.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan internal marketing terhadap kinerja organisasi menggunakan peran mediasi kompetensi organisasi. Penelitian ini secara empiris mengevaluasi internal marketing sebagai kerangka kerja untuk melaksanakan stategis pemasaran. Variabel internal marketing yang digunakan dalam riset ini antara lain strategic rewards, senior leadership, internal communication dan training and development sebagai variabel independen. Variabel dependen dalam riset ini adalah kinerja organisasi dan kompetensi organisasi dimasukan sebagai variabel intervening yang memediasi internal marketing dengan kinerja organisasi. Data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuestioner dari 56 responden yang merupakan member aktif yang bekerja pada PBOX HIV/AIDS di AIESEC Indonesia. Dua model regresi digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis regresi model pertama menunjukkan bahwa semua variable internal marketing (strategic rewards, senior leadership, internal communication dan training and development) secara signifikan mempengaruhi kompetensi organisasi. Hasil analisis regresi model kedua menunjukan bahwa kompetensi organisasi mempengaruhi kinerja organisasi secara signifikan. Dari hasil analisis menunjukan bahwa dari keempat yang mempengaruhi variabel kinerja organisasi dengan dimediasi variable kompetensi organisasi, variabel training and development merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling kuat. Dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin konsisten dan baik program training and development, maka strategi internal marketing dapat berjalan secara baik dan sukses.
Keywords : Internal Marketing, Organizational Performance, Organizational Competences, Strategic Rewards, Senior Leadership, Internal Communication, and Training and Development, Internal Marketing, Organizational Performance, Organizational Competences, Strategic Rewards, Senior Leadership, Internal Communication, and Training and Development
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:23
Last Modified: 18 Jun 2020 02:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item
View Item