PRANOWO, Khaleed Hadi and ANDRIYANI, Andriyani,(April 2012), INFLUENCE OF INTERNAL MARKETING TOWARDS ORGANIZATIONAL PERFORMANCE WITH MEDIATING ROLE OF ORGANIZATIONAL COMPETENCES IN NOT FOR PROFIT ORGANIZATION AIESEC INDONESIA (Project Based on Exchange HIV/AIDS in 2010 ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (243kB)
Download (243kB)
Text
Download (236kB)
Download (236kB)
Text
Download (223kB)
Download (223kB)
Text
Download (190kB)
Download (190kB)
Text
Download (238kB)
Download (238kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan internal marketing
terhadap kinerja organisasi menggunakan peran mediasi kompetensi organisasi. Penelitian ini
secara empiris mengevaluasi internal marketing sebagai kerangka kerja untuk melaksanakan
stategis pemasaran. Variabel internal marketing yang digunakan dalam riset ini antara lain
strategic rewards, senior leadership, internal communication dan training and development
sebagai variabel independen. Variabel dependen dalam riset ini adalah kinerja organisasi dan
kompetensi organisasi dimasukan sebagai variabel intervening yang memediasi internal
marketing dengan kinerja organisasi.
Data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuestioner dari 56 responden
yang merupakan member aktif yang bekerja pada PBOX HIV/AIDS di AIESEC Indonesia.
Dua model regresi digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis regresi model pertama
menunjukkan bahwa semua variable internal marketing (strategic rewards, senior leadership,
internal communication dan training and development) secara signifikan mempengaruhi
kompetensi organisasi. Hasil analisis regresi model kedua menunjukan bahwa kompetensi
organisasi mempengaruhi kinerja organisasi secara signifikan.
Dari hasil analisis menunjukan bahwa dari keempat yang mempengaruhi variabel
kinerja organisasi dengan dimediasi variable kompetensi organisasi, variabel training and
development merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling kuat. Dapat ditarik kesimpulan
bahwa semakin konsisten dan baik program training and development, maka strategi internal
marketing dapat berjalan secara baik dan sukses.
Keywords : | Internal Marketing, Organizational Performance, Organizational Competences, Strategic Rewards, Senior Leadership, Internal Communication, and Training and Development, Internal Marketing, Organizational Performance, Organizational Competences, Strategic Rewards, Senior Leadership, Internal Communication, and Training and Development |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 02:23 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 02:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4808 |