ANALISIS PENGARUH PRODUK, PERCEIVED PRICE, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MOTOR HONDA PADA CV. JAYA ABADI SEMARANG

AKBAR, Wildan Maulana and MUDIANTONO, Mudiantono,(23 December 2013), ANALISIS PENGARUH PRODUK, PERCEIVED PRICE, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MOTOR HONDA PADA CV. JAYA ABADI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A009126.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri otomotif sepeda motor dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah faktor produk, perceived price dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan produk sepeda motor Honda CV. Jaya Abadi Semarang?”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, produk (X1), perceived price (X2), dan citra merek (X3), terhadap kepuasaan pelanggan (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode wawancara dan kuesioner terhadap 100 orang responden pengguna produk sepeda motor Honda di Semarang dengan teknik yang digunakan Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 0,436 X1 + 0,326 X2 + 0,246 X3 Hasil analisis mendapatkan bahwa faktor produk, perceived price dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasaan pelanggan. Kemudia melalu uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, perceived price dan citra merek berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam kepuasaan pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,758 menunjukan bahwa 75.8 % variasi kepuasaan pelanggan bisa dijelaskan oleh ketiga variabek independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 24,2 % dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : product, perceived price, brand image, customer satisfaction, produk, perceived price, citra merek, kepuasaan pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:59
Last Modified: 19 Jun 2020 08:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item
View Item