FATMAYANTI, Susy Raih Nur and YOESTINI, Yoestini,(27 September 2012), ANALISIS IKLAN DAN ENDORSER TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECAP MANIS ABC. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan endorser terhadap brand awareness dan dampaknya pada keputusan pembelian. pada kecap manis ABC, dimana variabel independen yaitu iklan (X1), endorser (X2), dan brand awareness (X3) menjadi variabel intervening yang mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kecap manis. Sampel diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh pelanggan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dua tahap. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²).
Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi : Y1 = 0,45 X1 + 0,8 X2. Dan Y2 = 0,661 X1 + 0,140 X2. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Secara individual, variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel brand awarebness, diikuti oleh variabel iklan dan variabel endorser. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel iklan terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen brand awareness namun variabel endorser tidak terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel brand awareness. Pada analisis regresi dua tahap variabel brand awareness secara signifikan juga mempengaruhi variabel keputusan pembelian.
Keywords : | Advertising, Endorsers, Brand Awareness, Buying Decisions, Company, Iklan, Endorser, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 06:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 06:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4891 |