PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA KERETA API KALIGUNG MAS KELAS EKSEKUTIF PADA PT. KAI DAOP 4 SEMARANG

PRATIWI, Ade Duana and SUTOPO, Sutopo,(1 October 2012), PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA KERETA API KALIGUNG MAS KELAS EKSEKUTIF PADA PT. KAI DAOP 4 SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010110151097.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas layanan dan harga tiket terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi kereta api Kaligung Mas kelas eksekutif. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap pengguna jasa kereta api Kaligung Mas kelas eksekutif wilayah Daerah Operasi 4 Semarang sebanyak 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,448X1 + 0,304X2 Dimana variabel Kepuasan Pelanggan (Y), variabel Kualitas Layanan (X1), dan variabel Harga (X2). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,411 menunjukkan bahwa 41,1 persen variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 58,9 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : customer satisfaction, ticket prices, quality of service, kepuasan pelanggan, harga tiket, kualitas layanan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:41
Last Modified: 23 Jun 2020 01:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item
View Item