ANALISIS PENGARUH PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA MEREK NIKE DI KOTA SEMARANG

WIRATAMA, Aditya Yoga and KHASANAH, Imroatul,(21 September 2012), ANALISIS PENGARUH PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA MEREK NIKE DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A008006.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh makin meningkatnya kesadaran individu untuk beroalahraga. Hal ini membuat produsen sepatu olahraga berlomba – lomba untuk menciptakan sepatu olahraga yang aman dan nyaman. Nike sebagai salah satu Perusahaan sepatu olahraga terbesar di dunia sangat menyadari keingginan konsumen yang makin kompleks. Akan tetapi dengan semua keunggulan yang di miliki Nike masih menempatkannya di posisi ke dua dalam hasil penelitian MARS tentang penjualan sepatu olahraga di lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Medan pada tahun 2011. Berdasarkan data penjualan, posisi sepatu olahraga merek Nike dikota Semarang, berada di posisi yang kurang baik dibanding kota- kota lain. Hal ini yang akan diteliti lebih lanjut, apakah terdapat kaitan antara Variabel Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan pembelian sepatu merek Nike di Semarang. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian “Analisis Pengaruh Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike di Kota Semarang” dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari variabel Produk, Persepsi Harga,dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data di kumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang pengguna sepatu olahraga merek Nike di kota Semarang yang di peroleh dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisi kuantitatif meliputi uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi (R2) . Analisis kuatitatif merupakan interpretasi dari data – data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa variable produk, persepsi harga, dan citra merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi untuk perusahaan sepatu olahraga Nike dan penelitian selanjutnya.
Keywords : Buying Decision, Product, Price Perception, Brand Image, Keputusan Pembelian, Produk, Persepsi Harga, Citra Merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:11
Last Modified: 23 Jun 2020 02:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item
View Item