“Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Customer Value” (Studi Kasus Pada Pasar Semawis Semarang)

PURNAMASARI, Anisa and SUGIARTO, PH,SU.,(27 September 2012), “Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Customer Value” (Studi Kasus Pada Pasar Semawis Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A008020.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keragaman produk, lokasi, dan persepsi tentang harga terhadap customer value sehingga dapat mempengaruhi keunggulan bersaing pada sebuah pasar. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau sering mengunjungi Pasar Semawis di daerah pecinan Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik sehingga membentuk suatu persamaan regresi. Variabel independen penelitian ini antara lain keragaman produk, lokasi, dan persepsi harga. Keunggulan bersaing menjadi variabel dependen dan customer value sebagai variabel intervening. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti yaitu variabel keragaman produk, lokasi, dan persepsi tentang harga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel intervening customer value dan mempengaruhi juga secara positif variabel dependen nya yaitu keunggulan bersaing. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa keempat variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square Model 1 menunjukkan bahwa 50,9% customer value bersaing dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 49,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Lalu nilai Adjusted R Square pada Model 2 adalah sebesar 0,504 yang berarti bahwa kemampuan variabel customer value dalam mejelaskan sikap terhadap keunggulan bersaing adalah sebesar 50,4%, sehingga masih ada sisanya sebesar 49,6% memerlukan mediating lain yang tidak diteliti
Keywords : competitive advantage, customer value, diversity of products, food and beverage, keunggulan bersaing, customer value, keragaman produk, food and beverage
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:51
Last Modified: 23 Jun 2020 03:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4931

Actions (login required)

View Item
View Item