ANALISIS PENGARUH KEWAJARAN HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN „ANGKRINGAN CEKLI‟ KUDUS

NURDIANSAH, Cepi and SANTOSO, Suryono Budi,(15 August 2013), ANALISIS PENGARUH KEWAJARAN HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN „ANGKRINGAN CEKLI‟ KUDUS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS - 12010111150005.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kewajaran harga, kualitas layanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Angkringan Cekli Kudus. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 pelanggan Rumah Makan Angkringan Cekli yang berumur lebih dari 16 tahun. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan analisis kualitatif yang meliputi interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberikan keterangan dan penjelasan, serta analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta analisis koefisien regresi (R2). Uji ini digunakan agar model regresi yang dihasilkan tidak bias. Dengan menggunakan regresi 2 tahap melalui perangkat lunak SPSS for windows, didapatlah suatu hasil yang menunjukkan bahwa kewajaran harga, kualitas layanan dan kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Dari keempat variabel independen, ditunjukkan bahwa kewajaran harga memberikan pengaruh yang paling besar. Oleh karena itu, implikasi yang disarankan dalam penelitian ini menghendaki Rumah Makan Angkringan Cekli untuk tetap mempertahankan harga yang terjangkau terlebih dahulu yang kemudian diikuti dengan perbaikan pada kualitas layanan dan kualitas produk sehingga tercipta kepuasan pelanggan yang tinggi dan loyalitas pelangga yang tinggi pula.
Keywords : price fairness, service quality, product quality, consumer satisfactory, customer loyalty, Kewajaran harga, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:40
Last Modified: 23 Jun 2020 03:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item
View Item