STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BATIK KOTA PEKALONGAN

HASWORO, Ardhika Sukmasakti and HAYATI, Banatul,(8 October 2012), STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BATIK KOTA PEKALONGAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2B008006.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Obyek wisata batik Kota Pekalongan merupakan obyek wisata yang cukup potensial di Kota Pekalongan. Meskipun demikian, jumlah kunjungan wisata batik di Kota Pekalongan mengalami kecenderungan yang menurun dari tahun 20072010. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengembangan obyek wisata batik di Kota Pekalongan dan untuk menganalis strategi pengembangan obyek wisata batik Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Analisis strategi pengembangan obyek wisata batik di kota Pekalongan meliputi aspek promosi, kelembagaan, dan infrastruktur. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa dari ketiga aspek pengembangan obyek wisata batik Kota Pekalongan, menghasilkan aspek promosi sebagai prioritas utama dengan strategi pengembangan menggelar festival batik nasional dan internasional. Usulan kebijakan menggelar festival Pekan Batik Nasional dan Pekan Batik Internasional merupakan solusi dengan prioritas paling tinggi. Dengan menggelar festival batik maka dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Pekalongan.
Keywords : Development strategy of batik tourism, AHP (Analysis Hierarchy Process), Promotion, Batik Festival., Strategi Pengembangan wisata batik, AHP (Analytical Hierarchy Process), Promosi, festival batik
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:17
Last Modified: 23 Jun 2020 07:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/4955

Actions (login required)

View Item
View Item