PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PEMANFAATAN INFORMASI LAPORAN ARUS KAS (Studi Empiris pada Instansi Pemerintah di Jawa Tengah)

PRATIWI, Winda Rosiana and SUDARNO, Sudarno,(12 March 2014), PENGARUH PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PEMANFAATAN INFORMASI LAPORAN ARUS KAS (Studi Empiris pada Instansi Pemerintah di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext Pdf Bookmark-12030110120092.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan, pengalaman, dan faktor sosial terhadap pemanfaatan informasi Laporan Arus Kas (LAK). Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi para pengguna, pemerintah menyajikan laporan keuangan sebagai fungsi perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Kualitas pengguna dapat mempengaruhi pemahaman terhadap pemanfaatan informasi dalam laporan keuangan yang dibutuhkan. Populasi penelitian adalah pimpinan, pengawas, dan pemeriksa sebagai pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Mengacu pada ruang lingkup penelitian, yaitu instansi pemerintah di Jawa Tengah dan fungsi (jabatan) responden maka penyebaran kuesioner digunakan untuk pengumpulan data primer. Pengukuran data menggunakan skala Likert. Model persamaan regresi digunakan untuk menganalisis semua variabel yang ada dalam hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pengalaman, dan faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan informasi Laporan Arus Kas pada instansi pemerintah di Jawa Tengah.
Keywords : local government financial statements , cash flow statements utility, education, experience, social factors, Laporan keuangan pemerintah daerah, pemanfaatan laporan arus kas, pendidikan, pengalaman, faktor sosial
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 01 Jul 2020 07:37
Last Modified: 01 Jul 2020 07:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item
View Item