PUTRA, Tutus Kenanthus Avica and KURNIA, Akhmad Syakir,(13 August 2013), ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (88kB)
Download (88kB)
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Download (22kB)
Download (22kB)
Text
Download (33kB)
Download (33kB)
Text
Download (23kB)
Download (23kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Seperti kota besar lainya, kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa
Tengah juga memiliki berbagai permasalahan kota, salah satunya adalah masalah
transportasi. Permasalahan transportasi muncul akibat peningkatan mobilitas
masyarakat yang tidak diimbangi dengan sarana dan prasara transportasi publik
yang tersedia. Dalam rangka menciptakan sistem transportasi yang lebih baik,
Pemerintah Kota Semarang mengadakan Bus Rapid Transit Trans Semarang yang
mulai beroperasi pada tahun 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi masyarakat
terhadap Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Dengan demikian hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan
kebijakan yang tepat dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan dua teknik estimasi yaitu regresi linier
berganda Ordinary Least Square dan regresi logistik Binary Logistic Regression.
Teknik estimasi dengan Ordinary Least Square dilakukan untuk mengetahui
pengaruh variabel bebas terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans
Semarang. Sedangkan teknik estimasi dengan Binary Logistic Regression
dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap probabilitas untuk
tetap menggunakan atau berpindah dari BRT Trans Semarang dengan
menggunakan skenario kenaikan harga. Variabel bebas diantaranya pendapatan,
kepemilikan kendaraan pribadi dan kualitas layanan akan dianalisis pengaruhnya
terhadap permintaan akan BRT Trans Semarang.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, mayoritas pengguna BRT Trans
Semarang merupakan masyarakat dengan tingkat pendapatan rendah. Hasil
estimasi menunjukan kenaikan harga yang terjadi akan mengurangi jumlah yang
diminta akan BRT Trans Semarang. Variabel pendapatan dan kualitas layanan
berpengaruh positif terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang.
Bagi mayoritas pengguna, kepemilikan kendaraan pribadi berupa kendaraan
bermotor roda dua merupakan barang substitusi dari penggunaan akan BRT Trans
Semarang. Kepemilikan kendaraan pribadi roda empat tidak memiliki pengaruh
terhadap jumlah yang diminta akan BRT Trans Semarang karena bukan
merupakan barang yang dimiliki oleh mayoritas pengguna BRT Trans Semarang.
Dengan demikian pemerintah daiharapkan menjaga tingkat harga agar BRT Trans
Semarang tetap dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain itu,
pemerintah juga diharapkan untuk menjaga kualitas layanan yang diberikan.
Layanan tersebut diantaranya pelayanan tiket, kondisi, kecepatam dan lama
menunggu bus, serta penempatan dan kondisi halte yang baik.
Keywords : | Public Transportation, Trans Semarang Bus Rapid Transit (BRT), Transportation Performance, User Preferences., Permintaan akan Alat Transportasi Publik, Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Skenario Kenaikan Harga. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 08:15 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 08:15 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5307 |