PUJIANI, Suci and PRASETIONO, Prasetiono,(29 August 2012), Analisis Pengaruh Return On Assets, Sales Growth, Struktur Assets, Firm Size, dan Investment Opportunity terhadap Financial Leverage (Studi Perbandingan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri dan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2008 - 2011). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (196kB)
Download (196kB)
Text
- Published Version
Download (198kB)
Download (198kB)
Text
- Published Version
Download (199kB)
Download (199kB)
Text
- Published Version
Download (237kB)
Download (237kB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel
independen (return on assets, sales growth, structure assets, firm size, dan
investment opportunity) terhadap variable dependen ( financial leverage). Tujuan
lainnya adalah untuk melihat bagaimana pengaruh variable independen terhadap
variable dependen tersebut pada dua sektor perusahaan manufaktur, yaitu sektor
aneka industri dan barang konsumsi.
Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sumber data berasal
dari ICMD dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian
selama empat tahun dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2011. Pengambilan
sampel menggunakan metode purposive sampling dengan ketentuan perusahaan
tersebut mencantumkan laporan keuangan selama masa periode penelitian dan
memiliki laba bersih positif. Data analisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis
regresi linier berganda, uji T, uji F, koefisien determinasi, dan yang terakhir
adalah penggunaan uji beda (Chow Test).
Berdasarkan penggunaan uji asumsi klasik tidak ditemukan gejala
pengganggu. Berdasarkan pengujian empiris, terindikasi bahwa pada perusahaan
manufaktur sektor aneka industri, return on assets dan structure assets
berpengaruh negatif signifikan dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 dan
investment opportunity berpengaruh positif signifikan dengan tingkat signifikansi
kurang dari 0,10 sedangkan variable lainnya tidak mempengaruhi financial
leverage. Pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi, return on assets
berpengaruh negatif signifikan dan investment opportunity berpengaruh positif
signifikan dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05 sedangkan variable lainnya
tidak mempengaruhi financial leverage. Berdasarkan hasil data statistik, semua
variable independen mampu secara bersama-sama mempengaruhi variable
dependen pada kedua sektor perusahaan manufaktur. Uji koefisien determinasi
menunjukkan adjusted R² pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri
56,8% sedangkan pada sektor barang konsumsi sebesar 18%. Alat uji terakhir
adalah Uji beda (Chow Test) menunjukkan nilai F hitung dari kedua sektor yang
diuji sebesar 2,26 lebih besar dari F tabel sebesar 1,53 dan hal ini menunjukkan
bahwa ada perbedaan antara penentuan keputusan sumber pendanaan perusahaan
sektor aneka industri dan barang konsumi.
Keywords : | return on assets, sales growth, structure assets, firm size, investment opportunity, financial leverage., profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur aset, ukuran perusahaan, kessempatan investasi, tingkat hutang. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 08:24 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5600 |