PEMETAAN BUDAYA ORGANISASI MENGGUNAKAN ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI) PADA PT KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASIONAL 4 SEMARANG

UMARTIAS, Muhammad and DJASTUTI, Hj. Indi,(26 August 2014), PEMETAAN BUDAYA ORGANISASI MENGGUNAKAN ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI) PADA PT KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASIONAL 4 SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 12. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS -12010110141132.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan bagian dari dunia pelayanan yang sangat dibutuhkan. PT KAI Daop 4 Semarang merupakan salah satu penyedia layanan jasa transportasi dibidang perkretaapian yang dituntut untuk selalu memperbaiki diri dan adaptif dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu sudah termuat dalam visi, misi dan lima nilai utama yang telah ditetapkan dan sudah seharusnya dijadikan budaya kerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan budaya saat ini dan yang diharapkan dimasa mendatang oleh karyawan agar dapat dijadikan masukan bagi perusahaan apakah budaya saat ini dan yang diharapkan sesuai dengan nilai perusahaan sehingga dapat menjadikan PT KAI Daop 4 Semarang sebagai perusahaan yang siap menghadapi perubahan dan tuntutan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penghitungan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI). Jabatan yang disurvey adalah Excecutive Vice President sebagai pimpinan, Deputy Excecutive Vice President, manajer, asisten manajer, dan staff dengan pendekatan kuantitatif deskriptif sehingga dapat diketahui profil budaya PT KAI Daop 4 Semarang saat ini dan yang diharapkan dimasa mendatang. Hasil yang diperoleh pada penelitian adalah adanya perbedaan budaya organisasi yang dirasakan saat ini oleh setiap jabatan manajemen. Budaya yang dirasakan dominan saat ini oleh Excecutive Vice President adalah hierarchy. Budaya yang dirasakan dominan saat ini oleh Deputy Excecutive Vice President adalah market. Budaya yang dirasakan dominan saat ini oleh manajer adalah budaya clan. Budaya yang dirasakan dominan saat ini oleh asisten manajer adalah adhocracy, dan budaya yang dirasakan dominan saat ini oleh staff adalah kombinasi adhocracy dan hierarchy Kemudian ditemukan adanya persamaan budaya yang diharapkan pada level manajemen atas, menengah, dan bawah yang diwakili oleh Excecutive Vice President, manajer, dan staff yaitu budaya clan. Sedangkan Deputy Excecutive Vice President mengharapkan budaya market, dan asisten manajer mengharapkan budaya adhocracy. Gambaran profil budaya ini dapat dijadikan perusahaan untuk pengambilan kebijakan yang sesuai dengan visi perusahaan dan budaya pada masing-masing jabatan.
Keywords : Organizational Culture, Organizational Culture Mapping, OCAI, Quantitative Descriptive., Budaya Organisasi, Pemetaan Budaya Organisasi, OCAI, Deskriptif Kuantitatif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 13 Jul 2020 08:00
Last Modified: 13 Jul 2020 08:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item
View Item