INDRAWAN, Danu Candra and MUTMAINAH, Siti,(21 February 2011), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (15kB)
Download (15kB)
Text
Download (15kB)
Download (15kB)
Text
Download (79kB)
Download (79kB)
Text
Download (29kB)
Download (29kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (719kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (719kB) | Request a copy
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar perusahaan. Corporate Social Responsibility merupakan aktivitas perusahaan dalam mencapai keseimbangan atau integrasi antara aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial tanpa mengesampingkan ekspektasi para pemegang saham (menghasilkan profit). Dalam penelitian ini, kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan ROE (return on equity) dan kinerja pasar perusahaan diukur dengan menggunakan CAR (cumulative abnormal return). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang listing pada tahun 2007 dan menerbitkan annual report pada tahun 2007 di website www.idx.co.id dengan menggunakan metode purposive judgement sampling. Terdapat 31 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode studi pustaka. Berdasarkan hasil pengujian, pada hipotesis pertama ditemukan bahwa variabel corporate social responsibility dan variabel kontrol leverage, berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROE), dan variabel kontrol ukuran perusahaan (size) berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, akan tetapi variabel kesempatan pertumbuhan (growth) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan pada hipotesis kedua ditemukan bahwa variabel corporate social responsibility dan variabel kontrol risiko sekuritas (beta) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pasar (CAR), dan tiga variabel kontrol lainnya (leverage, size, dan growth) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja pasar, akan tetapi variabel unexpected earnings berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pasar.
Kata Kunci: corporate social responsibility, return on equity, cumulative abnormal return, leverage, kesempatan pertumbuhan (growth), ukuran perusahaan (size), risiko sekuritas (beta), unexpected earnings.
Keywords : | Keywords: corporate social responsibility, return on equity, cumulative abnormal return, leverage, growth opportunities (growth), firm size (size), security risk (beta), unexpected earnings, Kata Kunci: corporate social responsibility, return on equity, cumulative abnormal return, leverage, kesempatan pertumbuhan (growth), ukuran perusahaan (size), risiko sekuritas (beta), unexpected earnings. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 08:58 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 08:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5923 |