ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI EFEKTIVITAS IKLAN, BRAND EQUITY ( Studi Pada Sabun LUX di Area Semarang )

SETYOWIRASTI, Astrini and MUDIANTONO, Mudiantono,(29 March 2016), ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI EFEKTIVITAS IKLAN, BRAND EQUITY ( Studi Pada Sabun LUX di Area Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010112130167.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan Pembelian merupakan suatu tindakan yang diawali dengan adanya persepsi akan suatu produk dan minat untuk membeli produk tersebut. Di era modern ini persaingan antar produk semakin ketat, inilah yang menyebabkan terjadinya penurunan keputusan pembelian yang disebabkan oleh efektivitas iklan dan brand equity produk LUX yang kurang efektiv. Penurunan ini ditandai dengan turunnya market share dan Top Brand Index (TBI) produk LUX selama tiga tahun berturut-turut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh variabel efektivitas iklan, brand equity dan minat beli terhadap keputusan pembelian dan diharapkan dapat meningkatkan kembali tingkat keputusan pembelian produk LUX. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik nonprobability sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dari beberapa sumber data responden masyarakat di wilayah Semarang, sebanyak 192 responden. Dan hasil pengolahan data menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) melalui program AMOS. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel daya tarik iklan dan kredibilitas endorser memiliki pengaruh positive dan signifikan terhadap efektivitas iklan, variabel efektivitas iklan juga memiliki pengaruh positive dan signifikan terhadap brand equity, namun variabel kredibilitas endorser memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap brand equity. Dan variabel efektivitas iklan serta brand equity berpengaruh positive terhadap variabel minat beli, Disusul variabel Brand Equity dan Minat Beli juga berpengaruh signifikan dan positive terhadap Keputusan Pembelian.
Keywords : The appeal of advertising, Celebrity Endorser, Advertising effectiveness, Brand Equity, Purchase Interest, Purchase Decision, Daya Tarik Iklan, Kredibilitas Endorser, Efektivitas Iklan, Brand Equity, Minat Beli, Keputusan Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 16 Jul 2020 10:30
Last Modified: 16 Jul 2020 10:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item
View Item