CITRAWATI, Mahavira and ISGIYARTA, Jaka,(21 September 2011), ANALISIS PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA PT. PURA BARUTAMA KUDUS UNIT OFFSET). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (49kB)
Download (49kB)
Text
Download (54kB)
Download (54kB)
Text
Download (52kB)
Download (52kB)
Text
Download (56kB)
Download (56kB)
Text
Download (56kB)
Download (56kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
Abstract
Masalah kinerja menjadi perhatian utama dalam suatu perusahaan untuk
mengevaluasi hasil kinerja perusahaan dalam mencapai target yang telah
ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kinerja perusahaan apabila diukur dengan konsep Balanced
Scorecard. Balanced Scorecard digunakan untuk menilai perusahaan dari 4
perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses
bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Adapun sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT.
Pura Barutama Kudus unit Offset. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer yang diperoleh dari 50 kuesioner karyawan dan data gambaran
umum perusahaan, serta data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan
perusahaan selama tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 dan studi pustaka yang
diperoleh dari buku, jurnal maupun internet.
Hasil dari penelitian ini, dapat dinilai bahwa secara keseluruhan kinerja
perusahaan dapat dikatakan cukup baik. Kinerja perusahaan dinilai dari perpesktif
keuangan yang diukur dengan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio
profitabilitas menunjukkan bahwa kinerja perusahaan pada perspektif ini sudah
cukup baik. Pengukuran pada perspektif pelanggan yang menggunakan
penguasaan pangsa pasar dan kepuasan pelanggan sebagai alat ukurnya dapat
disimpulkan bahwa kinerja perusahaan dapat dikatakan baik. Pengukuran pada
perspektif proses bisnis internal yang menggunakan inovasi dan perbaikan mesin
sebagai alat ukurnya juga dapat dikatakan perusahaan memiliki kinerja yang
cukup baik. Pengukuran pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai
memiliki kinerja perusahaan yang baik.
Keywords : | Balanced Scorecard, performance appraisal, manufacturing companies, Balanced Scorecard, penilaian kinerja, perusahaan manufaktur |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 06:56 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 06:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5957 |