NURLITASANTI, Feby and YOESTINI, Yoestini,(13 March 2020), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI, DAN CELEBRITY ENDOSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Pengguna Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (492kB)
Download (492kB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan bisnis pada produk kosmetik di Indonesia mengalami kemajuan
yang sangat pesat sejalan dengan pertumbuhan pada industri konsmetik yang
meningkat setiap tahunnya. Salah satu merek kosmetik ternama di Indonesia adalah
Mustika Ratu. Sebagai merek yang berdiri lebih dari 42 tahun, Mustika Ratu memiliki
keahlian dan reputasi yang baik dalam memproduksi kosmetik. Namun pada tahun
2014 - 2018 secara umum penjualan produk Mustika Ratu mengalami penurunan.
Produk masker wajah, sebagai salah satu produk unggulan dan termasuk dalam produk
kategori skincare juga mengalami penurunan penjualan dan penurunan index sebesar
2,65% dari tahun 2017 ke 2018 sehingga menempati urutan kelima dalam kategori
tersebut. Hal ini terjadi karena adanya masalah pada keputusan pembelian yang
disebabkan adanya permasalah pada produk, distribusi dan promosi. Sebagai sponsor
utama kontes kecantikan Puteri Indonesia, Mustika Ratu memanfaatkan peran Putri
Indonesia sebagai celebrity endorser untuk mempromosikan produk. Sehingga dalam
penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kualitas produk, saluran
distribusi, celebrity endorser terhadap keputusan pembelian.
Konsumen yang pernah menggunakan produk masker wajah Mustika ratu di
Kota Semarang dipilih sebagai populasi dalam penelitian ini. Dengan sampel yang
digunakan sebesar 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling
melalui penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis
menggunkan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk, saluran distribusi,
dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Sehingga untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian, Mustika Ratu
harus dapat meningkatkan kualitas produk, saluran distribusi dan peran dari celebrity
endorser dalam mempromosikan produk Mustika Ratu.
Keywords : | Consumer Behavior, Strategic Marketing, Promotion, Celebrity Endorser, and Cosmetics Industry, Perilaku Konsumen, Pemasaran Strategik, Promosi, Celebrity Endorser, dan Industri Kosmetik |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 01:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 01:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6088 |