ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI, DAN CELEBRITY ENDOSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Pengguna Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang)

NURLITASANTI, Feby and YOESTINI, Yoestini,(13 March 2020), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI, DAN CELEBRITY ENDOSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Pengguna Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12010116120074.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12010116120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12010116120074.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12010116120074.pdf] Text - Published Version
Download (492kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12010116120074.pdf] Text - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010116120074.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan bisnis pada produk kosmetik di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat sejalan dengan pertumbuhan pada industri konsmetik yang meningkat setiap tahunnya. Salah satu merek kosmetik ternama di Indonesia adalah Mustika Ratu. Sebagai merek yang berdiri lebih dari 42 tahun, Mustika Ratu memiliki keahlian dan reputasi yang baik dalam memproduksi kosmetik. Namun pada tahun 2014 - 2018 secara umum penjualan produk Mustika Ratu mengalami penurunan. Produk masker wajah, sebagai salah satu produk unggulan dan termasuk dalam produk kategori skincare juga mengalami penurunan penjualan dan penurunan index sebesar 2,65% dari tahun 2017 ke 2018 sehingga menempati urutan kelima dalam kategori tersebut. Hal ini terjadi karena adanya masalah pada keputusan pembelian yang disebabkan adanya permasalah pada produk, distribusi dan promosi. Sebagai sponsor utama kontes kecantikan Puteri Indonesia, Mustika Ratu memanfaatkan peran Putri Indonesia sebagai celebrity endorser untuk mempromosikan produk. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kualitas produk, saluran distribusi, celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Konsumen yang pernah menggunakan produk masker wajah Mustika ratu di Kota Semarang dipilih sebagai populasi dalam penelitian ini. Dengan sampel yang digunakan sebesar 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling melalui penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunkan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk, saluran distribusi, dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian, Mustika Ratu harus dapat meningkatkan kualitas produk, saluran distribusi dan peran dari celebrity endorser dalam mempromosikan produk Mustika Ratu.
Keywords : Consumer Behavior, Strategic Marketing, Promotion, Celebrity Endorser, and Cosmetics Industry, Perilaku Konsumen, Pemasaran Strategik, Promosi, Celebrity Endorser, dan Industri Kosmetik
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 21 Jul 2020 01:58
Last Modified: 21 Jul 2020 01:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item
View Item