KUNCORO, Deni Tri and MUID, Dul,(April 2012), PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEI TAHUN 2008-2010. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (84kB)
Download (84kB)
Text
Download (130kB)
Download (130kB)
Text
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
Download (151kB)
Download (151kB)
Text
Download (200kB)
Download (200kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (636kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (636kB) | Request a copy
Abstract
Seiring dengan dengan meningkatnya kesadaran dan kepekaan dari
stakeholder perusahaan maka konsep tanggung jawab sosial muncul dan menjadi
bagian yang tidak terpisahkan dengan kelangsungan hidup perusahaan di masa
yang akan datang. Tanggung jawab perusahaan memberikan konsep yang berbeda
dimana perusahaan tersebut secara sukarela menyumbangkan sesuatu demi
masyarakat yang lebih baik dan lingkungan hidup yang lebih bersih. Tujuan
dalam penelitian ini adalah : Untuk menguji secara empiris pengaruh size,
leverage, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, profile perusahaan, dan basis
perusahaan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur di BEI
periode 2008 - 2010.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di
BEI pada tahun 2008 – 2010. Penentuan sampel dengan purposive sampling,
dengan jumlah sampel yang diperoleh 159 perusahaan. Jenis data yang digunakan
adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Alat
analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah : ukuran perusahaan, leverage,
profitabilitas, dan tipe perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung
jawab sosial. Ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan
tanggung jawab sosial. Kondisi ini terjadi karena semakin banyak dewan
komisaris, maka semakin banyak orang yang memiliki pendapat, sehingga untuk
mendapatkan satu kesepakatan tentang pengungkapan tanggung jawab sosial
susah di dapatkan. Basis perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap
kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Kondisi ini terjadi karena status
perusahaan tidak dijadikan alasan bagi perusahaan untuk mengungkapan laporan
keuangan perusahaan lebih luas, apalagi sampel PMA dan PMDN dalam
penelitian ini lebih banyak PMDN dibandingkan PMA, yaitu 37 perusahaan PMA
dan 122 perusahaan PMDN, sehingga kurang bisa menjelaskan kelengkapan
pengungkapan laporan keuangan
Keywords : | Characteristic of Companies, Corporate Social Responsibility (CSR), Karakteristik Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 03:45 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 03:45 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6113 |