PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEI TAHUN 2008-2010

KUNCORO, Deni Tri and MUID, Dul,(April 2012), PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEI TAHUN 2008-2010. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2C607039.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan dengan meningkatnya kesadaran dan kepekaan dari stakeholder perusahaan maka konsep tanggung jawab sosial muncul dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang. Tanggung jawab perusahaan memberikan konsep yang berbeda dimana perusahaan tersebut secara sukarela menyumbangkan sesuatu demi masyarakat yang lebih baik dan lingkungan hidup yang lebih bersih. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk menguji secara empiris pengaruh size, leverage, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, profile perusahaan, dan basis perusahaan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur di BEI periode 2008 - 2010. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2008 – 2010. Penentuan sampel dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel yang diperoleh 159 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan tipe perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Kondisi ini terjadi karena semakin banyak dewan komisaris, maka semakin banyak orang yang memiliki pendapat, sehingga untuk mendapatkan satu kesepakatan tentang pengungkapan tanggung jawab sosial susah di dapatkan. Basis perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Kondisi ini terjadi karena status perusahaan tidak dijadikan alasan bagi perusahaan untuk mengungkapan laporan keuangan perusahaan lebih luas, apalagi sampel PMA dan PMDN dalam penelitian ini lebih banyak PMDN dibandingkan PMA, yaitu 37 perusahaan PMA dan 122 perusahaan PMDN, sehingga kurang bisa menjelaskan kelengkapan pengungkapan laporan keuangan
Keywords : Characteristic of Companies, Corporate Social Responsibility (CSR), Karakteristik Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:45
Last Modified: 21 Jul 2020 03:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item
View Item