ARDHANA, Oldy and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(23 September 2010), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (36kB)
Download (36kB)
Text
Download (17kB)
Download (17kB)
Text
Download (17kB)
Download (17kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (38kB)
Download (38kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan
para pelaku bisnis di bidang jasa perbaikan mobil seperti pemilik-pemilik bengkel
di Semarang. Bengkel Caesar adalah salah satu bengkel yang ada di Semarang
saat ini. Bengkel Caesar harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pelanggannya. Caesar harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi
yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling Method. Sampel
dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan dari Bengkel Caesar Semarang
dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan
menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif
meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda,
pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi
(R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh
dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan
memberi keterangan dan penjelasan.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi
klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,398X1 + 0,359X2 + 0,249X3
Dimana variabel Kepuasan Pelanggan (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X1),
variabel Harga (X2) dan variabel Lokasi (X3). Pengujian hipotesis menggunakan
uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara
signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Kepuasan
Pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel
independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen
Kepuasan Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,584 menunjukkan
bahwa 58,4 persen variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga
variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 41,6
persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
Keywords : | Service Quality, Price, Location and Customer Satisfaction, Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Kepuasan Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 06:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 06:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6138 |