ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, BETA, FIRM SIZE, DAN BOOK TO MARKET RATIO TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2011 )

ADITYO, Adityo and ARFIANTO, Erman Denny,(20 March 2012), ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, BETA, FIRM SIZE, DAN BOOK TO MARKET RATIO TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2011 ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2A008161.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility” Terhadap Return Saham Dengan Beta, Firm Size, dan Book to Market Ratio Sebagai Variabel Kontrol”(Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2011). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kebijakkan CSR perusahaan terhadap return saham perusahaan dengan variabel kontrol beta, size, book to market ratio. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 sampai 2011. Total sampel yang diambil adalah 38 perusahaan manufaktur. Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapat pengaruh signifikan positif antara CSR yang dilakukan perusahaan dengan return saham perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda. Dalam penelitian ini model regresi yang digunakan telah lolos dari empat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heterokedasdisitas. Semua variabel independen yang ada dalam pengujian ini secara bersam-sama berpengaruh terhadap variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini menjelaskan sejumlah 38,4% variabel dependen sedangkan 61,6% dijelaskan oleh faktor lain. Dalam penelitian ini didapatkan hasil yaitu Terdapat hubungan positif antara beta terhadap return saham. Terdapat hubungan negatif antara size terhadap return saham. Terdapat hubungan negatif antara book to market perusahaan dengan return saham. Sedangkan untuk CSR untuk karyawan, lingkungan dan masyarakat tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa para investor di Bursa Efek Indonesia masih mempertimbangkan tiga faktor yang diungkapkan oleh Fama dan French yaitu beta,size, dan book to market sebagai pertimbangan utama. Sedangkan faktor CSR baik CSR untuk karyawan, lingkungan, maupun untuk masyarakat belum menjadi pertimbangan bagi para investor untuk membeli saham. Rekomendasi yang bisa diberikan adalah agar setiap pelaku investasi di pasar saham selalu memperhatikan tiga faktor yaitu beta, size, dan book to market. Sebagaimana yang ditunjukkan dalam penelitian ini ketiga faktor tersebut memainkan pengaruh yang signifikan terhadap return saham.
Keywords : Corporate Social responsibility, Beta, Firm Size, Book to Market Ratio, Stock Return, Corporate Social responsibility, Beta, Firm Size, Book toMarket Ratio. Return Saham
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 22 Jul 2020 07:54
Last Modified: 22 Jul 2020 07:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6175

Actions (login required)

View Item
View Item